RUBRIK
PENILAIAN
A. SOAL
PILIHAN GANDA
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Soal
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Mengaplikasikan
pemahaman tentang sistem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program imunisasi sehingga dapat terjaga
proses fisiologis di dalam tubuh.
|
1.1. Mengidentifikasi sistem imun dalam tubuh.
|
1.
Reaksi
imunitas adalah…
a.
reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap antigen.
b.
kemampuan
tubuh dalam menghasilkan limfosit dewasa
c.
kemampuan
tubuh dalam menghasilkan sel kekebalan
d.
kemampuan
dalam menjalani persaingan kehidupan
e.
reaksi
sistem kekebalan tubuh terhadap perubahan lingkungan
|
√
|
|
|
|
|
|
2.
Penyakit
autoimun merupakan penyakit yang disebabkan karena ....
a.
kerusakan
limfosit
b.
antigen
yang masuk ke dalam tubuh
c.
transfusi
darah
d.
antibodi
yang menyerang jaringannya sendiri
e.
semua
jawaban salah
|
|
√
|
|
|
|
|
||
1.2.Menjelaskan organ tubuh yang terlibat dalam sistem
imun.
|
3.
Berikut
ini yang termasuk dalam komponen sistem imun, kecuali ....
a.
neutrofil
b.
limfosit
c.
sel
pengenal antigen
d.
reseptor
sel
e.
e. allergen
|
√
|
|
|
|
|
|
|
1.3.Menjelaskan tentang mekanisme kerja sistem imun
dalam tubuh.
|
4.
Pada
autoimunitas ...
a.
sel
limfosit diserang oleh virus
b.
sistem
kekebalan tubuh tidak dapat membedakan sel tubuh dan patogen
c.
sel
limfosit menyerang mikroba patogen
d.
sistem kekebalan
tubuh terbentuk setelah terjadi infeksi
e.
sistem
kekebalan tidak dapat mengenali mikroba pathogen
|
|
√
|
|
|
|
|
|
5.
Berikut
ini istilah-istilah yang berhubungan dengan imunitas :
i.
Makrofag
ii.
Sel B
iii.
Limfosit
iv.
Betalysin
v.
Lysozom
vi.
Interferon
vii.
Sel
Kupffer
viii.
Sel Mikroglial
Tubuh memiliki keistimewaan, justru ketika virus melakukan
infeksi ke dalam sel. Tubuh segera membentuk zat yang bermanfaat untuk
pertahanan tubuh. Zat tersebut adalah . . . .
a. 8
d. 5
b. 7
e. 4
c. 6
|
|
|
|
√
|
|
|
||
1.4.Mengklasifikasikan sistem imun berdasarkan
penggolongan yang tepat dan cara kerjanya.
|
6.
Benda asing yang pertama kali timbul dalam badan akan
segera dikenal, kemudian disensitasi oleh sel-sel imun. Sel-sel imun yang
berperan disini merupakan system imun dalam golongan….
a.
Sistem imun spesifik
b.
Sistem imun non spesifik
c.
Sistem imun khusus
d.
Sistem imun umum
e.
Sistem imun cepat tanggap
|
√
|
|
|
|
|
|
|
1.5.Menjelaskan prinsip program imunisasi dan cara
memberikan imunisasi.
|
7.
Kapan imunisasi tidak boleh diberikan?
a.
Polio, tidak dapat diberikan bila bayi sedang
panas tinggi.
b.
DPT, tidak dapat diberikan bila bayi sedang sakit
flu.
c.
BCG, tidak dapat diberikan bila bayi sedang panas
tinggi.
d.
Campak, tidak dapat diberikan bila bayi sedang
flu.
e.
Polio, tidak dapat diberikan bila bayi sedang
sakit kulit.
|
|
|
|
√
|
|
|
|
8.
Cara pemberian imunisasi dapat dilakukan dengan…
a.
Melalui suntikan ke dalam otot di pangkal paha.
b.
Suntikan ke bagian bawah kulit betis.
c.
Suntikan pada lengan.
d.
a dan b salah
e.
a dan c benar
|
|
|
√
|
|
|
|
||
1.6.Menganalisis kelainan dan permasalahan yang
bersangkutan dengan system imun dan program imunisasi.
|
9.
Naiknya
suhu tubuh saat demam bertujuan ....
a.
mempercepat
perkembangbiakan bakteri
b.
mempercepat
metabolisme
c.
mempercepat
kerja sel fagosit
d.
jawaban
b dan c benar
e.
jawaban
a, b, dan c benar
|
|
√
|
|
|
|
|
|
10.
Keadaan yang sering ditimbulkan setelah imunisasi
polio adalah…
a.
Badan panas dan umumnya disertai kemerahan yang
timbul 4-10 hari setelah penyuntikan.
b.
Terjadi pembengkakan kecil di daerah bekas luka
suntikan.
c.
Menderita panas sore hari serta pembengkakan di
daerah bekas suntikan.
d.
Badan menjadi panas dingin, kang disertai kejang.
e.
Tidak terjadi efek samping apapun.
|
|
|
√
|
|
|
|
B. SOAL
ESAY
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Butir Soal
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Mengaplikasikan
pemahaman tentang sistem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia
dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program imunisasi sehingga dapat
terjaga proses fisiologis di dalam tubuh.
|
1.1. Mengidentifikasi sistem imun dalam tubuh.
|
Apa yang Anda ketahui tentang system imun?
|
|
√
|
|
|
|
|
1.4.Menjelaskan prinsip program imunisasi dan cara
memberikan imunisasi.
|
Analisislah gambar diatas, aktivitas apa yang sedang
terjadi, dan sebutkan tujuan dari kegiatan tersebut!
|
|
|
|
√
|
|
|
|
1.5.Menganalisis kelainan dan permasalahan yang bersangkutan
dengan system imun dan program imunisasi.
|
Cirri-ciri : letih lesu, mata
berair dan meradang, filek serta batuk, uncul demam yang tinggi, timbul
bercak-bercak (bintikl-bintik) berwarna merah di badan.
Berdasarkan cirri-cirinya, menurut Anda penyakit
apakah yang sedang menyerang anak tersebut? Pertolongan pertama yang seperti
apa yang akan Anda lakukan jika menumui seseorang yang terkena penyakit ini?
|
|
|
|
|
√
|
|
KUNCI
JAWABAN
A. SOAL
PILIHAN GANDA
1. A
2. B
3. C
4. B
5. D
6. A
7. C
8. E
9. D
10. E
B. SOAL
ESAY
1. Sistem imun adalah sistem pertahanan yang ada pada tubuh
manusia yang berfungsi untuk menjaga manusia dari benda-benda yang asing bagi tubuh manusia. Pada sistem imun ada
istilah yang disebut Imunitas. Imunitas sendiri adalah ketahanan
tubuh kita atau resistensi tubuh
kita terhadap suatu penyakit. Jadi
sistem imun pada tubuh kita mempunyai imunitas terhadap berbagai macam penyakit
yang dapat membahayakan tubuh kita. Fungsi sistem imun :
a.
Pertahanan
b.
Homeostasi tubuh
c.
Peremajaan
2. Aktivitas
yang sedang terjadi : Pemberian imunisasi,
yakni pemberian kekebalan tubuh
terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh agar tubuh
tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang
melalui cara penyuntikan.
Tujuan : upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap suatu penyakit.
- Penyakit Campak.
Pertolongan
pertama yang dapat diberikan :
a.
Beri obat penurun panas yang aman untuk anak-anak.
b.
Banyak makan nutri yang bergizi,
untuk menjaga daya tahan tubuhnya.
c.
Banyak minum agar tidak dehidrasi.
d.
Istirahat yang cukup untuk stamina
tubuhnya.
e.
Hindari terpapar angin,
dan jauhkan anak atau orang lain untuk mencegah penularan atau tertular
penyakit lain.
f.
Jika masih demam, sebaiknya tidak
usah mandi dulu.
g.
Pastikan secepatnya membawa anak ke dokter agar segera dapat dilakukan
tindakan medis atau pengobatan yang tepat.
PEDOMAN PENSKORAN :
Kriteria
jawaban tiap nomor soal
|
Skor
|
Siswa
menyebut semua kunci pokok jawaban dan dapat menjelaskan jawabannya secara
runtut.
|
4
|
Siswa
menyebut semua kunci pokok jawaban, namun belom dapat menjelaskan dengan baik
dan runtut.
|
3
|
Siswa
menyebutkan sebagian kunci pokok jawaban dan dapat memberikan penjelasan.
|
2
|
Siswa
hanya mampu memberikan kunci pokok jawaban tanpa penjelasan.
|
1
|
Siswa
tidak menjawab.
|
0
|
izin bertanya kak, apakah ini sudah benar rubrik penilaiannya ?
BalasHapus